Home » » Perjuangan Mengejar Rating dan Dollar dari Jualan Konflik Poligami

Perjuangan Mengejar Rating dan Dollar dari Jualan Konflik Poligami



Baru buka laptop bingung mau nulis apa. Ya ane komentar masalah film itu aja gan, Syurga Yang Tak Dirindukan, karangan Asma Nadia, yang katanya filmnya bagus walaupun sempat rusuh juga masalah covernya yang mirip Sampul DVD Titanic. Kayaknya pelukannya sih real, bukan sotoshop, ya sesuai ilmu ane yang masih newbie di editing (gak professional, hehe).

Jadi gini, tadi pagi sempet gak enak juga telinga ini pas penulisnya nge-tweet gini; "Ayo ajak keluarga nonton ‪#‎Surgayangtakdirindukan‬ agar perempuan lebih tegar dan yang laki-laki lebih setia" (kurang lebih seperti itu lah).

Nah, ane langsung kepikiran, trus Rasulullah yang poligami gak lebih setia daripada  yang monogami gitu. Sempet ane protes masalah ini di fb walaupun ada seorang teman yang nyindir ya nasib ente aja yg belum bisa poligami. Eh, jangan sembarangan ya, gini-gini gw udah punya rekomendasi buat buka cabang, cuma ya resource sama starter fund belum ada (yaaah sama aja, hehe).

Poligami menurut ane nih ye, tidak bisa dinilai dari pelakunya. Harus dinilai dari syariatnya, sama kayak menilai islam tidak boleh dari pemeluknya tapi dari panduannya, yaitu Quran. Kalo ada pemeluknya yang mencuri ntar malah dianggap islam itu mengajarkan mencuri. Begitu juga dengan poligami, gak boleh donk gara-gara si om-om genit yang suka nikah banyak jadi pertanda buruk poligami. Dont jugde gedebak-gedebook, jangan nilai buku dari sampulnya trus maen hantam aje, hehe.

Mohon maaf kalo si mbak AN baca tulisan ini (gak bakalan dibaca kok, tenang aja, hehe), nyindir dikit gak apa-apa ya.

Ane kira penonton film-film beliau udah mulai ada yang gerah dengan jualan demarketing poligami (berasa kayak pemilu nih, black sampanye, hehe). Memang satu sisi membuat film islami itu susahnya ya di mengatur konfliknya biar lebih syar'i gitu, biar gak ada yang protes. Dulu ane diam-diam aja nih terkait masalah itu, tapi lama-kelamaan kok makin tenar aja kampanye demarketing itu. Nurani ane sebagai pengkritik semakin diuji nih (heran, tiba-tiba aja ada suara jangkriknya).

Gak usah panjang-panjanglah ane tulis, sayang juga nih ntar keyboard laptopnya cepet rusak, harus ganti pulak sama cina tu 250rb di jaya plaza. Jadi, mengharap mbak asma baca tulisan ini memang susah. Mending buat yang nonton filmnya aja. Pesan ane, ya kalo mau nonton ya nonton aja. Gak elok juga habis nonton malah makin jijai sama polipantai. Biasa-biasa aja. Lagipula dulu kan ente-ente dan enti-enti (panggilan buat yg cewek) kurang suka nonton filem yang gak pake jilbab, kok sekarang malah mengkampanyekannya, apa kata kawan kita yang salafi, oh noo.

Memang semua film ada nasehatnya, preman pensiun juga mantap tuh (kaporit ane). Tapi film AN kali ini kurang enak karena di kampanyekan dengan tweet diatas yang sangat tidak sadap di dengar di kuping kiri dan kanan. Silahkan saja beriklan, tapi kan gak mesti kayak provider seluler, gratis tapi ada bayar ujungnya, istilahnya nipu halal (halah, apa pulak tuh?). Marketing yang baik itu kreatif tapi juga gak pake kata yang disalahartikan sama pembaca atau ada tanda petiknya (*syarat ketentuan berlaku). Udahlah, jangan ikut-ikutan cara oknum MLM atau setan kredit yang beriklan bernada menipu (contoh tanpa kerja dapat duit, eh taunya kerja juga nyari downline, hehe, sori bagi yg kesindir, haha).

At las but not less (ini tempat las atau tempat les sih, gak jelas), ane berharap cukup sekianlah terlalu over memaksakan isme-isme yang dipahami oleh penulis dan langsung saja di aplikasikan kepada pembaca, ingat pembacanya juga berasal dari berbagai suku, bangsa dan negara (udah macam PPKN). Kasian juga ibu-ibu muslimah yang mungkin sangat menjaga idealismenya menganggap poli-poli itu halal tapi haram buat suaminya, hehee, harus ikut menjelekkan salah satu syariat dalam islam yaitu berbagi, seperti berbagi harta dan berbagi kebahagiaan (macam pengalaman aja aku ni, haha).

Nah, ujung-ujungnya dari tweet itu yang diserang bisa jadi ust-ust ku yang sering kudengar ceramah dan zikirnya, si aa tu dan si abang itu, ntar malah si penonton malah menganggap mereka kurang terpuji karena walaupun pilemnya bagus tapi iklannya mengesankan poli itu buruk maka ceramah-ceramah mereka akan kurang gregetnya (macam maddog di the raid aja, haha). Biarin ajalah orang JIL JAL JIN JEN itu menjelekkan orang islam, jangan kita ikut membantu kerja mereka, udah gaji gak dapat, ntar kita pula yang jadi korbannya.

Jadi gitu ya, santai aja, sambut aja film itu seperti film-film hollywood dan bollywood lainnya (gak jelas, hehe). Sori kalo banyak kata yang salah, biasa, anak muda beranak dua. Entahlah. Maaf juga buat si mbak kalo tersinggung, kita kan saudara, saudara dari nabi Adam, ya kan, hehe.
 





2 comments:

silahkan komentar...jangan pake pedes ya...hehe